Mengenal Alat Pemadam Api Dengan Media Air (H20)

Air merupakan salah satu media yang digunakan pada alat pemadam api/kebakaran. Biasanya anda dapat mengenali alat pemadam api media air ini dengan melihat pada tabungnya yang berwarna perak (silver).

Alat pemadam api jenis ini, 2/3 nya diisi dengan air biasa (H20), kemudian diberi tekanan udara. Biasa disebut dengan APAABU (Alat Pemadam Api Air Bertekanan Udara) atau dalam bahasa Inggris disebut APW (Air-pressurized water). Dalam beberapa situasi , deterjen juga ditambahkan ke dalam air untuk menghasilkan busa membut air menjadi efektif dalam memadamkan api. Alat pemadam api berbasis air ini memiliki tinggi rata-rata 60cm dan berat 12 kilogram pada saat terisi penuh.

APAABU ini secara praktis akan mendinginkan permukaan yang dipenuhi api. Tujuannya adalah untuk menghentikan arus berantai yang menjadi penyebab kebakaran pada proses segitiga api (fire triangle). Secara spesifik APAABU fokus untuk memadamkan panas (heat) pada segitiga api.

Alat pemadam api dengan media air khusus di desain untuk memadamkan kebakaran kelas A (bahan yang terbakar berupa media padat seperti kertas, kayu, pakaian dll). Anda tidak disarankan untuk menggunakan pemadam api jenis ini untuk kebakaran yang disebabkan oleh cairan yang mudah terbakar karena tidak efektif memadamkan api.

APAABU juga tidak cocok digunakan sebagai alat pemadam dalam kasus-kasus kebakaran yang melibatkan arus listrik, karena air merupakan salah satu konduktor (penghantar) listtrik yang akan membahayakan si pengguna APAABU. Jadi sebelum anda menggunakan alat pemadam api dengan bahan air ini, pastikan kalau semua peralatan dan arus listrik disekitar sudah dalam kondisi mati. Biasanya APAABU digunakan pada bangunan-bangunan konvensional, seperti rumah atau bangunan yang terbuat dari kayu.